Renang gaya bebas adalah kegiatan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Karakteristik dari gaya bebas ini adalah posisi badan berada dalam satu garis lurus dan ketika terjadi gerakan pemulihan, kedua tangan bergerak di atas permukaan air. Nantinya, kedua belah tangan akan bergerak secara bergantian jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara pada kedua kaki akan bergerak dengan gerakan seolah “mencambuk” secara bergantian naik dan turun. Ketika tengah mempraktikkan gaya bebas ini, posisi wajah harus menghadap ke permukaan air. Tujuan utama dari renang gaya bebas ini adalah supaya tubuhmu dapat meluncur secara cepat ketika tengah berada di dalam air. 

Renang gaya bebas ini dipercaya muncul di belahan dunia Barat, tepatnya di sicbo online London pada tahun 1844. Pada kala itu, perenang dari suku Indian menerapkan gaya bebas ini sehingga dengan mudahnya mengalahkan perenang Inggris (menggunakan gaya dada) ketika terdapat perlombaan antara keduanya.

Gaya kupu-kupu ini tergolong gaya berenang paling baru lho sebab baru diciptakan pada tahun 1933. Berbeda dengan gaya renang lainnya, untuk mempelajari gaya kupu-kupu ini membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama untuk mempelajari koordinasi pada gerakan tangan dan kakinya. Menurut sejarah, gaya kupu-kupu ini diciptakan oleh Henry Meys yang memang telah ahli di bidang olahraga dari Amerika ketika tengah mengikuti ajang perlombaan renang YMCA pada tahun 1933. Saat itu, Henry Myers memadukan gaya dada dengan gerakan dan putaran lengan secara terus menerus.

Dalam renang gaya punggung ini, nantinya gerakan lengan dan kaki akan serupa dengan gaya bebas, dengan satu pembeda yakni posisi tubuhnya cenderung telentang di permukaan air. Kedua belah tangan akan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Untuk pengambilan napas, mulut dan hidung berada di luar air, sehingga akan mudah untuk bernapas baik.

Nantinya, kedua belah tangan akan dibuka ke samping, seperti gerakan seolah tengah membelah air. Hal ini dilakukan supaya badan dapat maju lebih cepat ke arah depan. Sementara itu, pernapasan dilakukan ketika mulut tengah berada di permukaan air, tepat setelah satu atau dua kali gerakan tangan-kaki. Gaya renang ini biasanya diajarkan untuk para pemula dan menjadi gaya paling lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *